Jangan Tidur Lagi Setelah Shalat Subuh

Daftar Isi
Jangan Tidur Lagi Setelah Shalat Subuh - Puasa Ramadhan menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk menguji ketaqwaan dan keteguhan iman mereka. 

Namun, menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa bukanlah hal yang mudah. Sahur menjadi momen yang sangat penting bagi para muslim untuk menjaga kekuatan tubuh mereka selama berpuasa.

Makan sahur akan memberi energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Namun, setelah sahur, ada kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh yang sering dilakukan oleh orang-orang, yaitu tidur setelah shalat subuh.

Tidur setelah shalat subuh memang terasa sangat menggoda, terlebih setelah merasakan kekenyangan setelah makan sahur. 

Namun, hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Normalnya, tubuh membutuhkan waktu dua jam untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi. 

Setelah itu, sisa makanan akan berpindah ke usus untuk diolah menjadi feses.

Namun, tidur setelah setelah shalat subuh bisa memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan makanan terlalu lama berada dalam perut, yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh kita. 

Untuk itu, para muslim yang berpuasa seharusnya menghindari kebiasaan tidur setelah shalat subuh untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Al-Habib Salim bin Abdullah bin Umar asy-Syatiri dalam salah satu karyanya mengatakan bahwa tidur setelah shalat subuh sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa menimbulkan penyakit pada perut. 

Jadi, sebaiknya kita jangan coba-coba untuk tidur setelah shalat subuh, agar tubuh tetap sehat dan kita dapat menjalani ibadah puasa dengan maksimal.

Makan sahur sebaiknya diakhirkan

Ada sebuah kutipan menarik dari Syekh Hasan al-Udwi al-Hamzawi, seorang ulama terkemuka, yang menceritakan tentang manfaat mengakhirkan sahur. 

Menurutnya, ada dua hikmah dari kebiasaan ini: pertama, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas selama satu hari ketika sedang berpuasa. 

Kedua, dengan mengakhirkan sahur, kita bisa menghindari tidur setelah makan yang bisa mengganggu proses pencernaan makanan dalam perut dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Berdasarkan penjelasan di atas, tampaknya ada manfaat besar dari mengubah kebiasaan tidur setelah shalat subuh. 

Sebaliknya, waktu setelah shalat subuh seharusnya digunakan untuk beribadah kepada Allah swt, karena waktu itu merupakan waktu yang paling utama untuk beribadah.

Tentu saja, kebiasaan mengubah jadwal sahur tidak mudah. Namun, jika kita bisa melakukannya, maka kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. 

Tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kuat, dan kita juga bisa memanfaatkan waktu setelah shalat subuh untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. 

Oleh karena itu, marilah kita mencoba untuk mengubah kebiasaan kita dan memanfaatkan waktu setelah shalat subuh dengan lebih baik.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar